Thursday, December 29, 2011

Simpel = Sederhana. Masa, sih?

Selamat datang di blog simpel ini.

Mungkin ada yang bertanya-tanya (kalaupun nggak ada ya tetap akan saya bahas juga), kenapa memilih kata "simpelkan" dan bukan "sederhanakan".

Alasannya begini...

Beberapa bulan lalu, pas saya lagi getol-getolnya menerjemahkan buku dan artikel-artikel tentang kesimpelan hidup untuk saya post di Facebook, satu hal terus mengganjal di pikiran saya. Ya soal "simpel" dan "sederhana" tadi itu.

Memang iya, simple yang bahasa Inggris itu padanan Indonesianya adalah sederhana. Tapi kalau ungkapan "Simplify your life!" diterjemahkan dengan lugas menjadi "Sederhanakan hidupmu!", rasanya jadi kurang pas. Jadi mengganjal.


Ini menurut saya, lo ya....

Kurang pasnya itu gini.


Hidup sederhana dalam bahasa Indonesia sering diartikan sebagai hidup yang tidak mewah, hidup yang seadanya, hidup yang disesuaikan dengan pemenuhan kebutuhan minimal saja. Sedangkan a simple life dalam bahasa Inggris buat saya maknanya jauh lebih dalam daripada sekadar hidup tidak mewah.

A simple life (mulai sekarang kita terjemahkan sebagai "hidup simpel" saja, ya...) berarti hidup yang tidak rumit, yang mudah, yang nyaman, yang membahagiakan, yang menghidupi dan menghidupkan.


Orang yang hidup sederhana (yang tidak mewah) belum tentu hidupnya nyaman, mudah, nggak rumit, dan bahagia. Tapi yang hidupnya simpel (atau simple) pasti punya semua kualitas hidup itu.

Sekali lagi, ini menurut saya, lo ya....


Jadi apa yang akan kita share di sini? Tentu saja semua hal sesuka-suka saya tentang cara-cara menyimpelkan hidup. Cara-cara membuat hidup lebih nyaman, lebih mudah, lebih nggak ribet, dan ujung-ujungnya (mudah-mudahan) lebih bahagia. Materinya bisa bermacam-macam. Saya punya banyak "guru" tentang hidup simpel yang karya-karyanya selalu ingin saya bagikan ke semua orang. Saya yakin saya juga akan mengalami peristiwa-peristiwa yang nggak tahan untuk saya ceritakan di sini.

Akhir kata (dari bab Pendahuluan yang superpanjang ini), selamat menikmati...

No comments:

Post a Comment