Monday, January 2, 2012

11 Kiat Memulai Harimu dengan Tepat. Cobalah, dan Buktikan Besok Pagi!!!

Oleh ANASTASIYA GOERS

Bagaimana biasanya kamu memulai harimu? Kamu bangun dengan pikiran “Duh, aku tertidur semalam. Beneran ini sudah pagi?” lalu tidur lagi selama 15 menit, yang ternyata tidak banyak membantu juga? Tidurlah 15 menit lagi dan kamu bakalan memulai sebuah efek domino yang membuatmu terlambat 15 menit sepanjang hari. Kamu akan mengganti sarapan oatmeal yang sehat dengan tart yang lebih cepat saji, atau malah memutuskan untuk mampir ke drive-thru McDonald’s untuk menginjeksikan lemak, sodium, dan kolesterol dengan cepat ke dalam tubuhmu. Tentu saja, ekstra tidur 15 menit tadi juga bakalan memaksamu untuk berkendara laksana seorang maniak di tengah-tengah kemacetan lalu lintas, dan ujung-ujungnya membuatmu stres, bahkan sebelum kamu mulai bekerja! Jadi, masihkah kamu berpikir bahwa ekstra tidur 15 menit akan membantu?

Banyak orang (dulu aku juga) menganggap bahwa pagi adalah bagian hari yang paling menyebalkan, saat kamu harus bangun sementara mata masih kepingin merem, lalu harus setengah sadar bersiap-siap berangkat bekerja. Pada saat sudah benar-benar terbangun, kamu tahu-tahu merasa stres, depresi, dan marah-marah ke semua orang tentang semua hal. Dulu aku meremehkan pentingnya pagi, tapi sekarang rasanya aku sudah menemukan cara ideal untuk memulai hariku. Memulai pagi dengan tepat adalah salah satu mata rantai yang penting untuk mencapai hidup yang seimbang.

Inilah kiat-kiat memulai hari dengan tepat, yang cukup jitu buatku dan suamiku.

1. Tidurlah cukup.
Sebagian besar orang membutuhkan tidur sekitar 8 jam sehari untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Meskipun kamu harus bangun jam 6 pagi, kamu masih bisa mendapatkan waktu yang berharga itu dengan mulai tidur lebih awal. Berhentilah menonton tv terlalu banyak dan kamu akan punya banyak waktu untuk mengerjakan hal-hal yang benar-benar perlu dilakukan di sore hari, dan pergi tidur di waktu yang tepat.

2. Tidurlah cukup.
Ini bukan salah ketik. Aku sungguhan berniat menuliskannya lagi. Sangatlah penting tidur cukup, tapi jangan tidur terlalu banyak. Seperti tadi aku bilang, kebanyakan orang membutuhkan tidur sekitar 8 jam sehari. Tidur lebih dari itu ternyata bisa merusak harimu. Untuk beberapa lama, aku bersama suamiku bekerja setiap hari dari jam 11.00 pagi sampai jam 07.00 sore, yang membuat kami bisa tidur lebih lama daripada seharusnya. Waktu itu kami biasa tidur 10-11 jam sehari, dan kalau kamu menganggap seperti itulah hidup impianmu, aku bilang sekarang, bahwa hari-hari kami selalu berantakan dan kami tidak punya cukup waktu untuk melakukan apa pun. Setelah tiga bulan mengalami kesengsaraan karena tidur overdosis itu, kami memutuskan untuk berhenti tidur melampaui kebutuhan, dan mulai bangun lebih awal di pagi hari.

3. Mulailah harimu dengan mandi.
Mandi air hangat adalah cara yang terbaik untuk bangun di pagi hari, dan, ya sudah, tidak ada yang perlu dibahas lagi tentang hal ini.

4. Mulailah harimu dengan musik.
Putarlah musik apa pun yang kamu suka. Klasik, rock, party tunes, country, …. apa pun yang bisa menyemangatimu.

5. Jangan menonton tv atau membaca surat kabar.
 Memulai harimu dengan berita adalah siksaan yang paling kejam yang bisa kamu lakukan terhadap dirimu sendiri. Pikiranmu masih segar saat bangun pagi, siap untuk bekerja, siap untuk mencetuskan ide-ide baru, dan kamu mengisinya dengan berita-berita buruk tentang ekonomi, politik, dan hal-hal lain yang ingin dicekokkan media ke dalam otakmu? Pikirkan sekali lagi.

6. Berolahragalah.
Tubuhmu perlu dibangunkan seperti juga pikiranmu. Aku benci berolah raga terlalu keras di pagi hari (berlari pagi-pagi buta membuatku ngantuk dan capek sepanjang hari), tapi aku menemukan bahwa yoga dan pilates memberiku banyak energi untuk aku gunakan sepanjang hari. Aku yakin setiap orang bisa menemukan aktivitas yang tepat untuk dirinya: berjalan-jalan, stretching, bersepeda, yoga, …. daftarnya bisa tidak habis-habis. Pilih salah satu yang kamu sukai.

7. Sarapanlah dengan seimbang.
Biasanya orang melewatkan sarapan pagi. Ada dua alasan utama. Pertama, karena kita tidak punya cukup waktu untuk itu. Kedua, karena kita ingin menurunkan berat badan dan sarapan adalah saat makan yang paling gampang untuk dilewatkan. Bagaimana pun, sarapan adalah saat makan paling penting sepanjang hari (pasti kamu sudah ratusan kali mendengarnya) karena sarapan membantumu mengontrol kadar gula darah yang membantumu mengontrol mood dan energi sepanjang hari. Setelah 10-12 jam, tubuhmu kehabisan bahan bakar, dan perlu diisi kembali sebelum mulai beraktivitas. Sarapan yang baik akan membantumu mengurangi dan menjaga berat badan, mengurangi kelelahan dan rasa ngantuk di jam-jam setengah siang, membantu menghilangkan mood jelek, memperbaiki konsentrasi dan daya ingat, menambah kewaspadaan, dan menambah efisiensi fungsi tubuh. Kombinasi yang sempurna untuk sarapan adalah karbohidrat kompleks, protein, dan sedikit lemak yang baik. Biasanya aku tidak punya banyak waktu untuk sarapan (seperti yang lainnya juga), makanya aku memilih semangkuk sereal bulir penuh (whole grain) dengan susu skim dan secangkir yoghurt rendah lemak. Oatmeal dengan beberapa potong keju atau telur rebus juga salah satu kegemaranku. Kalau aku punya waktu lebih banyak, aku biasa membuat salad buah menggunakan buah-buahan apa pun yang aku punya di rumah, lalu menambahkan yoghurt dan kacang walnut.  

8. Jangan jadikan e-mail sebagai prioritas pagimu.
Meskipun tetap terhubung dengan dunia luar adalah hal yang sangat penting, adalah penting juga untuk memulai harimu dengan tepat. Jika hal pertama yang kamu lakukan di pagi hari adalah bergegas menyalakan komputermu, maka kamu akan kehilangan momen-momen berharga yang bisa kamu lalui dengan melakukan olah raga pagi, mempersiapkan sarapan, dan menikmati hidupmu. Buatlah aturan sendiri untuk mengecek e-mail sesaat sebelum berangkat ke kantor. Dengan demikian, kamu tidak akan membuang-buang waktu membuka semua link lucu (dan porno?) kiriman teman-temanmu setiap hari. Kamu cuma punya waktu untuk mengecek e-mail-e-mail terpenting saja dan meninggalkan yang lainnya untuk dibuka belakangan.

9. Gantunglah sebuah gambar penggugah semangat di depan tempat tidurmu.
Setiap pagi saat aku dan suamiku terbangun, kami langsung memandang sebuah gambar besar yang tergantung di hadapan kami, foto pernikahan kami yang merupakan saat terindah dalam hidup kami. Begitu memandangnya, aku merasa bahagia dan penuh semangat sepanjang hari. Kamu bisa memilih foto sebuah momen saat kamu merasa paling bahagia dalam hidupmu, atau sebuah gambar pemandangan yang sangat indah, atau gambar apa pun yang bisa membuatmu bahagia saat memandangnya.

10. Praktikkan berpikir positif.
Bangun tidur dengan pikiran “Aku kurang tidur, hari ini pasti kacau balau, deh!” atau “Satu lagi hari yang membosankan di kantor.” atau “Aku benci harus bangun pagi!” bukanlah cara yang tepat untuk memulai sebuah hari. Cobalah memikirkan hal-hal yang menyenangkan seperti “Cuacanya bagus sekali hari ini. Aku mau jalan-jalan ah, pas istirahat siang nanti.” atau “Sungguh menyenangkan bahwa aku dikaruniai kesehatan dan kebahagiaan bersama keluargaku.” Pernyataan-pernyataan positif masing-masing orang bisa berbeda-beda. Kamu hanya perlu menemukan sumber pikiran positifmu. Jika kamu seorang yang religius, kamu bisa melakukan ibadat atau membaca kitab suci di pagi hari. Bisa juga pikiran positifmu berawal dari meditasi, atau cukup berbaring di tempat tidur sambil memikirkan liburan yang akan datang atau wisata yang akan kamu lakukan bersama keluarga. Awalilah harimu dengan pikiran positif, dan hari-harimu akan lebih menyenangkan dan tidak setegang biasanya.

11. Nikmatilah keintiman dengan pasanganmu di pagi hari.
Secara ilmiah, ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari keintiman dengan pasangan di pagi hari (tentu saja dengan pasangan sendiri, bukan pasangan orang lain). Aku cenderung melihatnya dengan lebih sederhana. Tidak ada yang lebih indah dan menyenangkan daripada mengawali sebuah hari dengan keintiman di pagi hari. Ini akan membangkitkan pikiran positifmu sepanjang hari, dan kamu pun akan merasa bersemangat dan santai. Aku jamin bahwa bangun pagi beberapa menit lebih awal akan terasa menyenangkan untuk alasan yang satu ini.


Mulailah harimu dengan tepat, dan perhatikan betapa dramatis perubahan hidupmu hanya dalam hitungan bulan. Memulai hari dengan tepat adalah awal dari jalan menuju kehidupan yang seimbang. Cobalah.



Judul asli: 11 Tips On How to Start Your Day Right

Foto oleh Aan P. Nirwana, menggunakan Samsung Galaxy Ace.
 

No comments:

Post a Comment