Sunday, January 1, 2012

2012: Lupakan Resolusi Tahun Barumu!!!

Inspirasi Awal Tahun oleh Dr. Wayne W. Dyer


Lupakan Resolusi Tahun Baru yang baru tadi malam kamu bikin. Bayangkan, kamu sudah memutuskan di awal tahun bagaimana kamu akan menjalani hidupmu di bulan September, yang sebenarnya masih sembilan bulan lagi?! Mendingan lupakan saja!

Begini alasannya…

Resolusi apa pun yang kamu putuskan tentang hal-hal dan perilaku di masa depan yang jangka waktunya panjang akan memaksamu untuk lebih merasakan hidup di masa depan ketimbang menjalaninya di saat ini. Suatu hal yang tentu saja merugikan diri sendiri. Kamu bisa saja membuat resolusi tentang apa saja yang akan kamu kerjakan atau bagaimana kamu akan berubah dalam tahun ini, dalam lima tahun ini, ataupun dalam dekade ini. Toh, kamu tetap harus menjalani hidup seperti manusia mana pun di dunia ini—HARI DEMI HARI.

Jadi, pertanyaan-pertanyaan penting yang harus diajukan kepada diri sendiri adalah “Bagaimana aku akan memanfaatkan setiap saat dalam kehidupanku di tahun ini?” dan “Apakah aku akan menyia-nyiakannya dengan mengingat-ingat bagaimana perilakuku di masa lalu atau memikirkan bagaimana aku ingin berubah di masa depan--daripada membuat sebuah resolusi untuk hidup sepenuhnya untuk hari ini?”

Yang harus kamu lakukan adalah menetapkan sasaran-sasaran harian untuk dirimu sendiri, dan membuat resolusi untuk memulai kesadaran untuk hidup di saat ini. Contohnya, ketimbang memutuskan untuk berhenti mengonsumsi gula selama setahun, buatlah resolusi untuk hidup tanpa gula dalam sehari. Akan lebih mudah dibayangkan, dan dijalani, jika jangka waktunya cuma sehari. Jika kamu berhasil hidup sehari tanpa mengonsumsi gula (atau kebiasaan-kebiasaan baru yang lainnya), kamu akan menjadi seseorang yang baru di akhir hari itu. Lalu biarkan seseorang yang baru itu saja nanti yang memutuskan apakah dia ingin mengulanginya lagi di hari berikutnya atau tidak, ketimbang membiarkan dirimu yang lama tetap bertahan pada resolusi yang sebelumnya—cuma untuk membuatnya menjadi semakin berat dijalani dan akhirnya membuatmu menyerah dalam beberapa hari. Jadi, selalu biarkan dirimu yang baru yang membuat keputusan, maka kamu akan selalu hidup di saat ini.

Kamu pasti tahu benar betapa mudahnya kita menyerah menjalani sebuah resolusi, dan mungkin kamu akan mengambinghitamkan kurangnya niatmu atau lemahnya kepribadianmu. Kamu salah! Kamu menyerah menjalani sebuah resolusi karena pikiranmu menolak untuk diajak merasakan hidup dalam jangka waktu yang panjang, yang memang adalah sesuatu yang di luar kapasitasnya. Ajaklah pikiranmu untuk memikirkan, “Bagaimana aku ingin menjalani hidupku hari ini?” Lalu langsung mulailah mencapai sasaranmu untuk hari itu. Ketika kamu mampu menjalani hidup di saat ini hari demi hari, kamu akan melihat perubahan pada dirimu, tepat di depan matamu sendiri. Ingatlah, apa pun bisa dilakukan oleh siapa pun jika jangka waktunya cuma sehari. Jadi bebaskan dirimu dari jeratan resolusi tahun barumu, dan mulailah membuat resolusi yang baru hari demi hari—setiap hari sepanjang tahun yang baru ini.

Selamat tahun baru 2012.

 
Dari: Resolve To Get Real

Gambar oleh Aan P. Nirwana menggunakan Samsung Galaxy Ace.

No comments:

Post a Comment