Friday, January 6, 2012

Hiduplah Dari Inti Keberadaanmu

Bab Pertama dari buku SIMPLIFY And Live the Good Live karya Bo Sanchez


Tidaklah cukup jika kamu cuma sibuk. 
Permasalahannya adalah, apa yang kamu sibukkan? -- Henry David Thoreau


Kebahagiaan tidak bisa ditemukan di luar dirimu. Percaya atau tidak, kebahagiaan tidak datang dari mobil mewah, pakaian mahal, duit melimpah, atau dengan berwisata ke Karibia. Kebahagiaan tidak terlalu jauh letaknya. Dia ada di dalam.

Tapi bagaimana mungkin kamu bisa menemukannya, jika kamu tidak punya waktu dan ruang yang simpel untuk menemukan hal-hal terpenting dalam hidupmu? Bagaimana kamu bisa menelusuri kedalaman jiwamu, kalau kamu terlalu sibuk memikirkan bagaimana menampilkan dirimu supaya dikagumi orang lain, menimbun kekayaan, mempertahankan harta milikmu, dan membayar utang-utangmu?

Simplisitas juga BUKAN masalah eksternal, seperti: hidup di gubuk reot, makan sisa-sisa masakan kemarin, atau berpakaian karung goni.

Definisi terbaik dari simplisitas yang pernah aku baca berasal dari buku Janet Luhr, The Simple Living Guide. Di situ dia mengatakan, simplisitas adalah hidup dari inti keberadaanmu.

Bingung? Sama. Hahaha....

Begini....

Sebenarnya simpel saja. Aku yakin bahwa simplisitas itu berarti memiliki waktu dan tempat untuk merangkul semua hal penting dalam hidupmu. Ini berarti pula memiliki waktu luang untuk menikmatinya, memiliki kebebasan untuk membanggakannya, dan memiliki kekuatan untuk hidup olehnya.

Sepanjang perjalanan hidupmu, kamu bakalan mendapati bahwa ternyata hal-hal terpenting dalam hidup bukanlah benda-benda, melainkan orang-orang yang telah menjadi bagian dalam hidupmu. Tapi, tentu saja, adalah tugasmu sendiri untuk menemukannya.

Sudahilah kedangkalan.

Mulailah hidup dari inti keberadaanmu. Mulailah dengan pertanyaan, apakah "inti"-mu? Apakah hal-hal yang paling penting dalam hidupmu saat ini? Apakah kamu mengizinkan "inti" itu mengarahkanmu dan memberimu kekuatan dalam keputusan dan lakumu sehari-hari?

No comments:

Post a Comment