Saturday, January 7, 2012

Rasakan Kenikmatan Yang Lebih Besar Dalam Hidup Yang Lebih Hemat

Ada dua cara untuk memuaskan diri sendiri:
Pertama dengan mendapatkan lebih banyak.
Satu lagi adalah dengan mengharapkan lebih sedikit. – G.K. Chesterton


Nikmatilah keluarbiasaan dalam hal-hal biasa! Karena jika kamu bisa mengembangkan kemampuan untuk menarik seluruh kegembiraan yang ditawarkan oleh kehidupan, kamu tidak lagi memerlukan hiburan-hiburan mewah.

Aku tidak malu untuk bilang bahwa memandangi awan putih yang berarak di langit biru dari balik jendela yang terbuka adalah hiburan kelas kakap untukku. Melakukannya lima menit saja bisa memperbaiki mood-ku sepanjang hari.

Sebagian orang memperoleh kenikmatannya dengan makan malam di restoran-restoran mewah, berwisata keliling Eropa, atau mempunyai perangkat home-theater mutakhir di rumah. Aku memilih cara yang lebih sederhana: Jika aku bisa berada di samping istriku, atau berjalan-jalan menikmati keheninngan malam di bawah kanopi langit yang penuh bintang-bintang, atau bermain bersama anakku, atau membaca buku yang bagus di rumah, atau ngobrol bareng teman-teman sambil makan pizza, aku sudah menganggap diriku sangat beruntung.

Fokuslah pada apa yang kamu punyai, bukan pada apa yang tidak kamu punyai.
Karena kepuasan tidak berasal dari mendapatkan apa yang kamu inginkan, melainkan dari menginginkan apa yang sudah kamu punyai.

Pikirkan, apa yang sudah ada padamu yang telah kamu abaikan? Buatlah daftar 50 berkat yang sudah kamu nikmati hari ini. Jangan berhenti sebelum sampai pada angka 50. Semoga berhasil....

(Bab kedua dari buku SIMPLIFY--and Live the Good Life karya Bo Sanchez)
Gambar dari Google
 

No comments:

Post a Comment