Wednesday, May 23, 2012

Hasilkan Uang!

(Diterjemahkan asal-asalan dari buku SIMPLIFY And Live the Good Life karya Bo Sanchez)


Mungkin kamu bingung apa hubungannya post ini dengan hidup sederhana. Sepertinya ada sesuatu yang kontradiktif di sini.

Aku menerima ribuan surat dari para pembacaku, kebanyakan dari mereka mengungkapkan kebahagiaan yang mereka rasakan. Tapi beberapa sungguh menyedihkan. 

Kemarin, aku membaca sebuah surat dari seorang pria yang hidup miskin sepanjang hayatnya. Dia bahkan tidak bisa memikirkan bagaimana cara menghidupi keluarganya lebih lama daripada seminggu. Tentu saja dia punya pekerjaan, tapi mereka menggajinya terlalu rendah, sampai-sampai tidak cukup untuk menyekolahkan anak-anaknya. 

Aku membaca surat yang lain dari seorang wanita yang utangnya begitu banyak, sampai-sampai tagihan bulanannya dua kali lebih besar daripada uang yang dihasilkannya. Dan menurut dia, dia sudah hidup amat sangat sederhana! Tidak ada yang bisa disederhanakan lagi! Dia bilang, sudah bertahun-tahun dia tidak membeli pakaian baru, tidak lagi pergi ke bioskop kecuali ada yang mentraktirnya, dan telah menjual sebagian miliknya untuk hidup sehari-hari.

Perhatikanlah. Tidak memiliki cukup uang untuk kebutuhan sehari-hari bukanlah hidup sederhana. Itu namanya kemiskinan, dan kemiskinan memperumit hidup.

Bacalah pelan-pelan. Uang bukanlah segala-galanya, dan sangatlah keliru jika orang menganggap bahwa uang bisa menyelesaikan segala permasalahan mereka dan membuat hidup mereka bahagia. Tapi kita benar-benar perlu sejumlah uang supaya tetap hidup. Karena surat-surat seperti tadilah aku ingin membagikan sekarang enam prinsip utama dalam menghasilkan uang--tentu saja, menghasilkan uang tanpa membuat jiwamu kering....

Pada enam post berikutnya kita akan memahami enam prinsip utama dalam menghasilkan uang. Prinsip-prinsip itu adalah:

1. Murnikan pemikiranmu terhadap uang.
2. Murnikan motifmu dalam menghasilkan uang.
3. Terapkan Mentalitas Kelimpahan.
4. Percayalah pada kapasitasmu untuk menghasilkan uang.
5. Buatlah dirimu lebih berharga.
6. Temukan milikmu yang dibutuhkan oleh orang lain.

Simpelkan hidupmu. Hasilkan uang.

No comments:

Post a Comment