Thursday, May 24, 2012

Murnikan Pemikiranmu Terhadap Uang

(Diterjemahkan asal-asalan dari buku SIMPLIFY And Live the Good Life karya Bo Sanchez)


Langkah pertama untuk menghasilkan uang adalah memurnikan pemikiranmu terhadap uang.

Jika di suatu tempat dalam otakmu kamu berpikir bahwa uang itu jahat, sehingga mencari uang adalah tindakan yang tidak spiritual, secara tak sadar kamu akan menemukan cara-cara untuk menghindari uang.

Ini benar! Bahkan Kitab Suci tidak pernah mengatakan bahwa uang itu jahat. Kecintaan terhadap uang, itulah yang jahat. Uang sendiri sifatnya netral, bisa kamu pakai untuk membenci ataupun mencintai, untuk membangun ataupun menghancurkan, tergantung caramu menggunakannya. Dengan kata lain, seperti kebanyakan hal lain di dunia, uang bisa membuatmu baik, dan bisa juga membuatmu jahat. Semuanya bergantung pada apakah kamu menaati atau melanggar hukum-hukum yang tertulis di alam semesta ini tentangnya.

Murnikan pemikiranmu terhadap uang dengan menyadari bahwa Tuhan menghendaki kita untuk memiliki materi supaya kita bisa hidup selayaknya seorang manusia, cukup untuk kebutuhan kita, dan lebih dari yang kita butuhkan supaya kita bisa berderma kepada orang lain.

Yakinlah bahwa Sang Pencipta ingin mencukupi kebutuhanmu. Yakinlah bahwa untuk itu Tuhan ingin dirimu bekerja dan bertanggung jawab atas keluargamu.

Selain itu, penting juga untuk melihat sikapmu terhadap mereka yang berpenghasilan bagus. Apakah kamu membenci mereka? Apakah kamu merasa bahwa mereka materialistis dan tidak spiritual? Apakah kamu curiga mereka menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan sejumlah uang yang mereka miliki? Jika kamu terus-terusan berpikir begitu, sama saja dengan kamu meyakinkan dirimu sendiri bahwa uang itu jahat, materialistis, dan hanya bisa didapatkan dengan cara-cara yang tidak halal.

Singkirkan pemikiran-pemikiran itu. Murnikan pemikiranmu terhadap uang.


No comments:

Post a Comment