Friday, May 25, 2012

Murnikan Motifmu Dalam Menghasilkan Uang

(Diterjemahkan asal-asalan dari buku SIMPLIFY And Live the Good Life karya Bo Sanchez)


Setelah memurnikan pandanganmu terhadap uang, langkah berikutnya untuk menghasilkan uang adalah memurnikan motifmu. Jika kamu ingin hidup merdeka dan bahagia, motif atau alasan-alasanmu dalam menghasilkan uang harus benar-benar murni, harus datang dari hati nuranimu.

Tanyakan pada dirimu sendiri: Mengapa kamu menginginkan lebih banyak uang?

Untuk mencukupi kebutuhan pokok keluargamu?

Untuk melaksanakan kewajiban yang diberikan Tuhan selaku pasangan dan orang tua?

Untuk lebih banyak berderma kepada sesama yang membutuhkan?

Untuk memiliki kebebasan pribadi dalam mewujudkan cinta pada orang lain?

Bila motif-motifmu dalam menghasilkan uang sejalan dengan hati nuranimu, dengan nilai-nilai kehidupan utama yang kauanut, maka kamu akan melakukan segala ikhtiarmu dalam mencari uang sebagai sosok manusia yang utuh. Kamu akan bergerak, berjalan, dan berbicara dengan penuh integritas. Dengan penuh kedamaian dan kebahagiaan! Perjuanganmu akan menyenangkan, karena hatimu ada di sana.

Namun, jika motifmu bertentangan dengan hati nuranimu atau nilai-nilai utama yang kauanut, kamu akan bekerja mencari uang sebagai pribadi yang terpecah. Jika alasanmu mencari lebih banyak uang adalah semata-mata untuk menumpuk kekayaan secara egois, atau hal-hal dangkal seperti penghormatan dari orang lain, status sosial di lingkungan masyarakat, dsb., hati nuranimu akan memberontak, dan kamu akan mengalami kehilangan integritas--suatu perpecahan dalam karaktermu. Kamu bisa saja mencapai target finansialmu, tapi kamu tidak akan merasakan kedamaian di dalam hatimu.

Solusinya?

Turuti hati nuranimu, dan ubahlah motifmu supaya sesuai dengannya.

Hasilkan uang dengan kemurnian hati. Dapatkan kekayaan tanpa membuat jiwamu kering.

Murnikan motifmu dalam menghasilkan uang.

No comments:

Post a Comment