Wednesday, May 2, 2012

Tidak Ada Yang Tahu Bedanya


 
Saya suka mengambil cerita-cerita inspiratif dari blog Paulo Coelho. Simpel. Ringkas. Mengena. Beberapa dia beri judul "10-sec Reading", "20-sec Reading", "1-min Reading", dsb. Biarpun singkat, namun tetap sarat. Sampai-sampai saya pernah berseloroh ke seorang teman, "Seandainya romo-romo itu juga punya '1-min Sermon', ya. Semenit tapi bermakna, daripada setengah jam tapi bikin ngantuk." Cerita di bawah ini mengingatkan saya bahwa keteladanan adalah salah satu ciri kepemimpinan. Selamat membaca. 

 ---

Seorang teman mengisahkan tentang seorang ayah yang membawa kedua anaknya bermain mini-golf. Di loket dia menanyakan harga tiketnya.

“Lima koin untuk orang dewasa, tiga koin untuk anak berusia di atas enam tahun. Di bawah enam tahun gratis,” jawab petugas loket.
“Baiklah. Anakku yang kecil berusia tiga tahun, dan yang besar tujuh tahun. Aku akan membayar untuk anak pertamaku,” ujar sang ayah.

“Anda ini aneh,” seloroh petugas loket itu. “Anda bisa saja menghemat tiga koin seandainya Anda bilang bahwa anak pertama Anda usianya di bawah enam tahun. Saya toh tidak akan tahu perbedaannya.”

Sang ayah tersenyum, lalu berkata, “Mungkin Anda tidak akan tahu perbedaannya, tapi anak-anakku akan tahu kalau ayahnya berbohong. Dan mereka akan mengingat hal ini selamanya sebagai sebuah contoh yang buruk.”


Judul asli: Would Anyone Know the Difference?

No comments:

Post a Comment