Monday, March 12, 2012

Capailah Utang Nol. Segera!

Kebanyakan orang mulai menyadari bahwa uang tidak bisa membeli kebahagiaan.
Sekarang mereka beralih ke kartu kredit. --Anonim


Sebentar lagi, aku akan memberitahukan cara menabung dengan mengurangi pengeluaranmu. Tapi sebelum kamu membuka rekening tabungan, lunasilah seluruh utangmu secepat mungkin dengan uang yang telah kamu sisihkan dari pengurangan pengeluaran tadi. Kenapa? Karena bunga pinjaman jauh lebih besar daripada bunga tabungan. Saat tulisan ini dibuat, rekening tabungan hanya memberikan bunga sekitar 3% per bulan. Bahkan meskipun bunga deposito bisa mencapai 8%, bunga kredit kepemilikan rumah bisa naik sampai 18% dan bunga kartu kredit malah bisa lebih dari 24%. Jadi, gunakan tabunganmu untuk membayar utang-utangmu.

Buatlah daftar semua utangmu, dari yang bunganya paling tinggi sampai yang paling rendah. Jika kamu sedang membayar pinjaman kartu kredit, berbelanjalah dengan kartu kredit yang bunganya paling kecil. Bila memungkinkan, pindahkan tagihan kartu kredit yang lain ke kartu yang bunganya paling kecil ini, supaya beban bunganya tidak terlalu berat. Tanyakan pada penerbit kartu kreditmu apakah mereka menyediakan fasilitas ini. Ingatlah: aku tidak suka kartu kredit. Aku memberikan tip ini hanya sebagai proses untuk melunasi utang-utangmu, bukan sebagai gaya hidup permanen.

Sambil kamu mencoba melunasi utang-utang berbunga tinggi semampu tenagamu, cobalah juga untuk membayar utang-utang yang berbunga rendah dengan pembayaran minimal. Jangan pernah membayar lewat dari tanggal jatuh tempo. Dengan cara ini, penyedia kreditmu tidak akan berpikir bahwa kamu lari dari tanggung jawab. Menelepon mereka dan mengatakan bahwa kamu sedang membenahi keuanganmu juga bukan ide yang buruk, bahkan akan menimbulkan kesan yang baik tentang dirimu. Bagaimanapun, penyedia kredit selalu menyukai debitor yang kooperatif dan terbuka mengenai permasalahannya.

Oke. Aku bilang sekali lagi: Kurangi pengeluaranmu sebisa mungkin, dan gunakan uang yang kamu sisihkan untuk membayar utang-utangmu.

Capailah utang nol--segera!


Apakah kamu ingin mencapai status "utang nol"? Wujudkan impian ini. Bikin rencana skema pembayaran dan hitunglah kapan kamu akan mencapai utang nol. Cetak tanggalnya--bulan dan tahun--dengan huruf bold  sebesar mungkin, dan tempelkan di tempat yang sering kamu lihat. Miliki keyakinan, dan turuti rencanamu itu.


Bab ketujuh dari buku SIMPLIFY And Live the Good Life karya Bo Sanchez
Gambar dari Google.

No comments:

Post a Comment