Sunday, March 11, 2012

Jinakkan Monster "Aku-Ingin-Sekarang" Di Dalam Dirimu

Aku tidak percaya pada kartu kredit. (Demi kenyamanan aku menggunakan satu kartu, tapi aku selalu membayar semua tagihanku sebelum jatuh tempo setiap bulan) 

Jika aku sangat menginginkan sesuatu, aku akan menabung. Seringkali, di tengah jalan, aku menyadari bahwa aku tidak terlalu memerlukan barang yang aku inginkan itu, dan tidak jadi membelinya. Menurutku, satu-satunya pengecualian yang memperkenankan kita melakukan kredit adalah untuk berbisnis atau untuk membeli barang yang sifatnya non-depresiatif, seperti rumah atau tanah.

Aku percaya bahwa kita harus selalu hidup di bawah kapasitas penghasilan kita. 

Memang, mobil berusia 5 tahun harus lebih sering dibengkelkan. Tapi jika kamu ingin membeli mobil baru, kamu akan menambah beban pengeluaranmu 2.5 juta rupiah per bulan—selama 5 tahun!!! Kalau aku sih, mendingan punya mobil tua, tapi bisa tidur nyenyak, dan menginvestasikan 2.5 juta rupiahku untuk mendapatkan bunga harian minimal 6%.

Bukalah matamu: Jangan tertipu oleh penawaran seperti “24 Easy Payments”. Tidak ada di jagat raya ini payment (pembayaran) yang easy (mudah). Percayalah, setiap pembayaran pasti menyusahkan. Jadi, ketimbang membiarkan mereka mengenakan bunga padamu, investasikan uangmu sehingga kamulah yang mendapatkan bunganya!

Ingin belanja secara kredit? Pertimbangkan, pertimbangkan, dan pertimbangkan lagi…

Apakah ada sesuatu yang sangat ingin kamu beli sekarang, dan kamu tergoda untuk membelinya secara kredit? Tunda dulu! Tabunglah dulu uangmu setiap bulan. Jinakkan monster Aku-Ingin-Sekarang di dalam dirimu. Lalu, lihatlah apa yang terjadi pada keinginanmu setelah beberapa bulan menabung….


Bab Keenam dari buku SIMPLIFY And Live the Good Life oleh Bo Sanchez
Gambar dari Google 

No comments:

Post a Comment