Thursday, April 12, 2012

Jadilah Penabung yang Kreatif

(Dari buku SIMPLIFY And Live the Good Life karya Bo Sanchez)


Di bawah ini adalah beberapa cara ampuh untuk menyelamatkan masa depanmu dan menjadi penjaga yang baik untuk keuanganmu. 


Tabungan Otomatis
Jika kamu bisa mengaturnya bersama perusahaan tempatmu bekerja dan/atau bank tempatmu menabung, cobalah minta mereka secara reguler menyisihkan sebagian dari gajimu untuk secara otomatis dimasukkan ke rekening tabunganmu--bahkan sebelum kamu menyadarinya!

Tabunglah Kenaikan Gajimu
Jika perusahaan memberimu kenaikan gaji, langsung masukkan kenaikan itu ke dalam tabunganmu, dan hiduplah dengan gaji lamamu. Kamu akan melihat buahnya, bahkan dalam waktu satu tahun! 

Tetaplah Membayar Cicilanmu Setelah Lunas
Kamu sudah melunasi cicilan mobilmu? Atau rumah? Atau cicilan kartu kredit? Selamat! Tetaplah bayarkan jumlah cicilan yang sama, tapi kali ini bukan pada kreditormu, tapi langsung ke rekening tabunganmu!

Selamatkan Pendapatan Tak Terduga
Dapat bonus? Atau penggantian yang lewat jatuh tempo dari kantor? Tambahan sangu dari Bapak dan Ibu? Simpanlah semuanya ke dalam rekening tabunganmu--dan bukan dompetmu--karena semua dompet dan kantong punya lubang tak terlihat, dan uang yang disimpan di dalamnya bisa menguap cuma dalam tempo 24 jam!!!

Hentikan Kebiasaan Yang Memboroskan Uang
Bayangkan jumlah yang bisa kamu tabung dalam setahun jika kamu berhenti merokok, makan junk food, atau membeli kudapan untuk teman menonton televisi (hal-hal itu juga tidak bagus buat kesehatanmu, kan?).

Juallah Asetmu
Kamu akan merasa lebih leluasa jika kamu jual semua barang yang tidak kauperlukan, yang hanya memenuhi rumahmu saja. Cairkan mereka! Dapatkan uang sebagai penggantinya.


Ya. Jadilah penabung yang kreatif. Ada ide lain?


No comments:

Post a Comment