Tuesday, April 10, 2012

Menabunglah Sebanyak Mungkin!




Oleh Bo Sanchez

Aku menyarankanmu untuk menabung setidaknya 10% dari pendapatanmu. Hmmm, aku nyaris bisa mendengarmu sekarang: "Bo, itu Mission: Impossible!!!" Masa sih?! Lalu bagaimana hidupmu tiga tahun yang lalu, waktu gajimu lebih sedikit?

Berkorbanlah! Kebanyakan kebutuhan kita sejatinya adalah keinginan. Apakah TV kabel sebuah kebutuhan? Apakah kamu bakalan tahu-tahu mati karena tidak menonton CNN atau HBO? Apakah keanggotaan di klub golf yang baru itu mutlak perlu untuk eksistensimu? Apakah lebarnya layar televisimu berbanding lurus dengan tingginya kualitas hidupmu?

Menabung bisa menjinakkan monster Aku-Ingin-Sekarang-mu. Menabung akan membuat damai jiwamu dan membuat dirimu lebih percaya diri akan masa depanmu.

Berinvestasilah dalam deposito, saham jangka panjang, dan properti. Begini gambaran sederhananya: jika kamu menabung Rp 400.000,- sebulan dengan bunga majemuk 6% per bulan, maka setelah 20 tahun kamu akan mendapatkan sekitar Rp 300 juta. Oke, oke, aku mendengar keberatanmu, "Duit segitu 20 tahun lagi, bisa dipakai buat apa? Membeli t-shirt??" Terus saja tertawa. Tapi dua puluh tahun dari sekarang, mendingan aku melenggang dengan "cuma" Rp 300 juta di kantongku, daripada tidak ada sama sekali.

Bantulah dirimu sendiri.

Menabunglah sebanyak yang kamu bisa.



(Bab Kesepuluh dari buku SIMPLIFY And Live a Good Life)
Gambar dari Google.

No comments:

Post a Comment