Sunday, April 22, 2012

Kerjakan Hal Yang Kamu Sukai, dan Dapatkan Uang Darinya!

(Dari buku SIMPLIFY And Live the Good Life karya Bo Sanchez)

 
Takkan ada kenikmatan hidup tanpa kenikmatan bekerja.—Thomas Aquinas


Kita menghabiskan 60% dari waktu kita (di luar saat tidur) untuk pekerjaan kita. Jadi, kalau kita tidak bisa berbahagia karena pekerjaan kita, artinya 60% hidup kita tidak bahagia!

Untuk membuat hidup kita simpel, kita harus menemukan hal-hal yang kita sukai untuk kita kerjakan, dan mendapatkan uang dari hal-hal tersebut. Kita perlu menemukan “hasrat” kita, dan menghubungkannya dengan pekerjaan kita.

Sebagai seorang penulis, riset-risetku menuntutku membaca ratusan buku dalam setahun. Tapi aku tidak merasakannya sebagai beban, karena aku suka membaca. Bahkan jika pekerjaanku bukan penulis pun, aku tetap akan membaca buku sebanyak itu, karena aku sangat menyukainya. Jangan tertawa, ya… tapi fantasi favoritku adalah menjadi seorang petugas keamanan yang ditugaskan menjaga sebuah pulau terpencil—jadi tidak ada yang bisa aku lakukan kecuali membaca sepanjang hari…

Aku ingat pernah menelepon direktur keuangan kami pada jam sepuluh pagi. Aku bertanya, “Apakah aku mengganggumu sekarang?” Dan dia menjawab, “Becanda kamu, Bo. Aku lagi nyantai sekarang.”

“Nonton TV?” tanyaku lagi, menyelidik.

Nggak, lah…. Aku sedang memeriksa laporan-laporan keuangan organisasi kita.”

Aku nyaris jatuh terduduk di kursiku. “Begitu kaubilang nyantai?”

Dia mengiyakan. Dia merasa benar-benar bahagia dan hidup saat memegang pensil, kalkulator, dan terbenam dalam bertumpuk-tumpuk kertas berisi angka-angka—dan tidak ada yang lain kecuali angka-angka. Inilah “hasrat”-nya, dan adalah sebuah keistimewaan baginya bahwa inilah mata pencahariannya. Tapi aku yakin, seandainya pun dia tidak dibayar, dia akan tetap mau melakukannya.

Lebih dari itu, membuat “hasrat”-mu sebagai pekerjaanmu tidak saja menyenangkan. Bisa jadi inilah cara terbaikmu untuk mencukupi kebutuhanmu dan mendapatkan kelebihannya untuk dibagikan kepada orang lain.

Menurut sebuah studi tentang para miliarder, mayoritas dari mereka menjadi kaya raya bukan karena memiliki suatu ambisi yang besar untuk menjadi kaya, melainkan karena mereka menemukan pekerjaan yang benar-benar mereka cintai dari dalam hati mereka. “Keberuntungan” mereka secara finansial datang dari pengabdian mereka sepenuh hati pada suatu bidang yang benar-benar mereka nikmati. Semesta hormat kepada mereka yang yakin bahwa mereka ada di tempat yang tepat melakukan sesuatu yang tepat….
--Allan Loy Mcginnis, The Balanced Life

Kerjakan hal-hal yang kamu sukai, dan dapatkan uang darinya.


Gambar dari Google.




No comments:

Post a Comment