Monday, April 23, 2012

Temukan "Aliran"-mu!

(Dari buku SIMPLIFY And Live the Good Life karya Bo Sanchez)


Berada dalam "aliran" berarti terserap secara tidak sadar. Pikirkan situasi saat dirimu begitu terjebak dalam sebuah aktivitas yang membuat pikiranmu tidak mengembara, yang membuatmu terlupa akan sekelilingmu, dan membuat waktu serasa terbang melayang.... --David Myers


Apakah kesamaan para pencapai yang hebat ini: Mozart, yang mengarang 600 komposisi musik; Thomas Alva Edison yang telah mematenkan 1.093 penemuan; dan Isaac Asimov yang menulis 475 buku? Mereka telah menemukan "aliran" mereka. Apa sih "aliran" itu? Lihatlah gambar di bawah.


Jika tantangan pekerjaanmu besar tapi keahlianmu tidak cukup tinggi, hasilnya adalah kecemasan. Inilah yang terjadi pada seorang salesman baru, yang pingsan setiap kali menghadapi klien. Dia harus segera berganti karier--mungkin menjadi petugas pemeriksa ketebalan kasur di sebuah pabrik dipan--atau segera membekali dirinya dengan pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan keahliannya dalam melakukan penjualan.

Jika tantangan pekerjaanmu kecil dan keahlianmu rendah juga, kamu akan mengalami apatisme. Contohnya adalah seorang akuntan yang tidak tahu bagaimana cara menggunakan kalkulator, tapi tidak merasa khawatir sedikit pun, karena dia bekerja di perusahaan milik ayahnya.

Jika tantangan pekerjaanmu rendah tapi keahlianmu tinggi, kamu akan terjebak dalam kebosanan. Seorang perajin dan tukang kayu yang memiliki kemampuan membangun rumah-rumah yang besar dan bagus akan mengalaminya jika dia bekerja di sebuah perusahaan pembuat peti mati.

Jika tantangan pekerjaanmu besar dan keahlianmu juga sepadan tingginya, maka kamu akan mendapatkan hasil yang terbaik: "aliran"-mu. Saat dirimu bekerja, waktu seolah tidak ada artinya. Kamu asyik dengan dirimu sendiri, kamu merasa seakan-akan terlahir untuk pekerjaanmu, dan jika kamu punya kesempatan untuk mengulang hidupmu kembali, kamu tetap akan memilih profesi yang sama.

Itulah "aliran"-mu. Temukan dia.


Nilailah pekerjaanmu saat ini. Apakah cukup memberimu tantangan? Dan apakah kamu punya cukup keahlian yang sepadan dengan tantangan itu? Jika kamu menemukan ketidaksepadanan, apa yang bisa kamu perbaiki?



(Gambar dari Mihaly Csikszentmihalyi dan Isabella Selega Csikszentmihalyi, "Optimal Experience: Psychological Studies of Flow of Consciousness", sebagaimana dikutip oleh David Myers dalam "The Pursuit of Happiness")
 

No comments:

Post a Comment